Pelatihan Pekerti – AA

Pelatihan Peningkatan Keterampilan Dasar Teknik Instruksional Applied Approach (Pekerti – AA) Tahap 3 Tahun 2018, diselenggarakan oleh LPPMP UR pada tanggal 19 – 23 Agustus 2019 di Hotel Grand Suka PKU.

 

 

 

Pelatihan ini diikuti oleh 40 peserta dari berbagai institusi. Selama beberapa hari diberikan pelatihan tentang strategi pengembangan pendidikan tinggi, capaian pembelajaran, ragam sumber belajar/media pembelajaran, rancangan tugas dan penilaian pembelajaran, konstuktivisme, model pembelajaran inovatif dan interaktif, kontrak perkuliahan, pengembangan bahan ajar cetak, pengembangan bahan ajar non cetak, RPS, RP, etika profesi dosen, penelitian peningkatan kualitas pembelajaran, evaluasi program pembelajaran, dan microteaching/peerteaching. Materi pelatihan dibimbing oleh orang-orang yang kompeten dibidangnya.

Untuk dosen baru sangat bermanfaat karena banyak hal baru yang belum pernah dan sama sekali belum pernah didengar akan dibahas dan didiskusikan didalam pelatihan ini.

Berikut ini catatan-catatan yang saya tuliskan selama mengikuti PEKERTI-AA

Senin, 19 Agustus 2019.

1. Strategi Pengembangan Pendidikan tinggi.

  •  e learning: digital
  • ukuran outcome: berapa yang men sitasi
  • evaluasi diri: jujur (nilai apa adanya)
  • melajar menulis
  • setiap riset dan penelitian kalo bisa dipublikasikan dan diberi hak cipta

2. Rancangan Capaian Pembelajaran

  • CPMK: Capaian Pembelajaran Mata Kuliah
  • OBE: Outcome based education
  • CPL: Capaian Pembelajaran Lulusan
  • Literasi: data/digital/manusia
  • Sub-CPMK: per 3 minggu, kenali audiensinya, sesuaikan apa yang akan disampaikan
  • CPL: tetapkan profil; lulusan jadi apa; tetapkan pekerjaan apa
  • CPMK: dilihat dari CPL; untuk mencapai CPL

3. Sumber Belajar dan Media Pembelajaran

  • Memilih
  • Menggunakan
  • Mengevaluasi
  • Revise-Remix-Reduce-Redistribution
  • Media: cari cara yang tidak monoton, untuk mengembangkan bahan ajar, contohnya dengan classroom

Selasa, 20 Agustus 2019

1 Rancangan Tugas dan Penilaian Pembelajaran

  • Penilaian: objektif
  • gunakan teknologi
  • Write what you say, write what you think!
  • Look different, never old to learn!
  • Rancangan tugas: test what do you teach
  • Tugas yang bagus: yang baca mengerti; make sure everybody; can understand your paper

2. Constructivism theory

  • apersepsi: sebuah kegiatan yang membantu mahasiswa untuk mengaitkan materi sekarang dengan materi sebelumnya
  • Proses pembelajaran bukan hanya transfer ilmu, tetapi memfasilitasi
  • Dalam kelas, sentuh hatinya bukan hanya otak

3. Model Pembelajaran Inovatif

  • Indikator muncul dari tujuan
  • Tanda: kognitif; afektif; psikomotor
  • Paham tidak bisa diukur
  • Student center learning, untuk metode pembelajaran
  • Pembelajaran: pembuka; inti dan penutup

4. Kontrak Perkuliahan

  • Kesepakatan antara dosen dan mahasiswa
  • Pergunakan bahasa yang tidak ambigu
  • Buat peraturan yang kita juga bisa lakukan
  • Tugas: google form (softcopy); lama kelamaan bisa bikin buku (apapun yang dilakukan berasal dari mahasiswa)
  • Seimbangkan SKS dengan beban tugas
  • Buat grup WA: tugas, ijin, dll bisa di grup wa
  • Usahakan agar mahasiswa aktif
  • Kalau tidak tahu katakan tidak, daripada menyampaikan sesuatu yang keliru
  • Akhir perkuliahan adakan evaluasi

Rabu, 21 Agustus 20191

  1. RPS
  • UU No. 44 tahun 2015
  • Kegunaan RPS: rencana mengajar; akreditasi; serdos

2. RP

  • Model pembelajaran

3. Bahan Ajar Cetak dan non cetak

  • Bahan ajar: sesederhana mungkin
  • Buku ajar: berdasarkan penelitian, mengikuti perkembangan
  • Monograf: kumpulan penelitian mahasiswa

Kamis, 22 Agustus 2019

  1. Etika profesi dosen

2. PPKP/PTK

  • Penelitian: 5W+1H
  • blended learning: kombinasi tatap muka dengan online (google classroom)
  • Team teaching sekarang yang digunakan sama dengan gilir teaching

3. Evaluasi Program Pembelajaran

  • Bisa dilakukan di tengah ataupun di akhir semester
  • Evaluasi dengan menggunakan google form tanpa ada email dan nama
  • EDOM(Evaluasi Dosen Oleh Mahasiswa)

4. Microteaching/peerteaching

  • Tahap pembelajaran tidak boleh dibonsai
  • Komponen ketrampilan mengajar:
  • Pembuka (terdapat tujuan, apersepsi dan indikator)
  • Isi
  • Penutup (kesimpulan, tindak lanjut, evaluasi)