Menjemput Prestasi Lewat “Do the Best” – Nurul Supiyana Damanik, mapres II FPK UNRI 2021

Perkenalkan, Nama Saya Nurul Supiyana Damanik. Teman-teman sering memanggil saya Nurul. Sekarang saya sedang berkuliah aktif di jurusan Manajemen Sumberdaya Perairan Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Riau. Saya merasa bersyukur dengan jurusan ini, karena selama dalam menempuh pendidikan banyak hal yang bisa saya dapatkan terutama menemukan “passion” yang mungkin banyak mahasiswa lain sulit menemukannya ketika menempuh pendidikan. Sejak dini, Ibu saya selalu mengajarkan betapa pentingnya memiliki prestasi, berbicara di depan orang banyak, serta menampilkan bakat yang kita miliki merupakan suatu hal anugrah dari sang ilahi, dan harus kita aplikasikan di kehidupan. Oleh karena itu, sedari dini saya sudah banyak mengikuti lomba yang berhubungan dengan seni dan public speaking. Namun, semua hal tersebut butuh proses bahkan hingga sekarang saya masih banyak belajar karena banyak kelemahan dari dalam diri saya yang perlu diperbaiki.

Berbicara tentang prestasi di bangku perkuliahan, sejak menjadi mahasiswa baru di Universitas Riau saya mencobakan memberanikan diri untuk mengikuti ajang Pilmapres (Pemilihan Mahasiswa Berprestasi). Saat itu saya sadar, bahwa prestasi yang saya miliki sangat sedikit dan sebagai mahasiswa baru tentunya tidak mengenal tentang ajang seperti ini. Namun, Alhamdulillah banyak sekali support kepada saya baik dari keluarga, sahabat, teman-teman dan dosen di kampus yang membantu saya untuk mengikuti ajang ini. Untuk pertama kalinya ditahun 2019, Saya mendapatkan kemenangan menjadi Mahasiswa Berprestasi Junior dan Tervaforit. Setelah dikategorikan menjadi Mapres Junior di Fakultas, saya juga mendapat kesempatan menjadi finalis di tingkat Universitas. Saat itu, saya banyak belajar bahwa diumur yang saya jalani seharusnya saya benar-benar memanfaatkan waktu sebaik mungkin.

Tahun 2020, benar-benar saya tidak mengikuti ajang Pilmapres karena saya ingin mengumpulkan prestasi tingkat nasional dan menjalankan program komunitas yang saya miliki sehingga dapat menambah penilain untuk ajang selanjutnya. Namun, selama COVID-19 benar-benar Saya memanfaatkan waktu untuk belajar, mengejar prestasi, dan do the best untuk segala hal yang saya ikuti. Saya bukanlah orang yang terlalu ambisi untuk mengejar prestasi, karena amanah tak pernah salah memilih pundak. Begitulah apapun yang kita kerjakan, jika kita benar-benar melakukan yang terbaik, ikhlas dalam menjalankan sesuatu, serta do’a sebagai kekuatannya maka hasil tersebut akan mengejar kita.

Do the best adalah kalimat yang sering terdengar namun banyak dari kita masih sulit melakukannya. Namun, saya percaya dengan prinsip ini akan membawa kita pada hal-hal yang positif. Dengan prinsip “Do the best”. Alhamdulillah di tahun 2021, Saya mendapatkan penghargaan sebagai Mahasiswa Berprestasi II Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Riau. Tidak disangka, apa yang saya persiapkan sebelumnya mendapat hasil yang manis untuk kehidupan saya. Amanah ini merupakan karunia yang besar dari sang ilahi dan banyak orang-orang hebat terlibat di dalamnya. Keluarga, sahabat, jurusan Manajemen Sumberdaya Perairan, dosen pembimbing saya yaitu Ibu Rina yang benar-benar sangat baik hingga bersedia melatih presentasi saya, serta seluruh orang-orang baik yang mensupport. Mahasiswa Berprestasi bukanlah mahasiswa yang hanya punya banyak prestasi, melainkan dialah mahasiswa yang banyak memberikan manfaat seluas-luasnya (Narasi: Nurul S. Damanik, 12/03/2021).